Skip to main content

Featured

Baekhyun EXO Rilis Mini Album SOLO ke-3 Sebelum Berangkat Wajib Militer

               JAKARTA -  Halo Sobat Dunia Kampus! Baekhyun EXO comeback solo dengan merilis mini album ke-3 nya dengan title track 'BAMBI'. Ini sekaligus lagu perpisahannya dengan EXO-L karena tepat tanggal 6 Mei 2021 yaitu saat tanggal ulang tahunnya ia menjalankan Wajib Militer.       MV Bambi dirilis pada tanggal 30 Maret 2021, dengan konsep 'Pria Misterius yang Menari di Bawah Hujan'. Menampilkan Baekhyun yang memakai jas formal serta topi fedora yang menutupi sebagian wajahnya, menimbulkan kesan seksi seorang Byun Baekhyun. Tidak hanya menampilkan visualnya yang diatas rata-rata, Baekhyun juga menampilkan vokal sangat merdu yang telah diakui oeh orang-orang. Bukan hanya vokal, Baekhyun juga menampilkan dance koreo yang seksi, memang telah diketahui bahwa Baekhyun tidak hanya mahir dalam bernyanyi serta nada tinggi, ia juga mahir dalam dance.  Kalian bisa streaming MV Bambi berikut linknya :            Pada scene awal menampilkan terdapat Baekhyun mengambil koin ya

ANGGOTA

Kewirausahaan Digital

Nama : Meyna Rasya Putri Leapriwanti

NIM : 1709620057

Prodi : Pendidikan Admnistrasi Perkantoran B

Dosen Pengampu : Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus dan Terrylina Arvinta Monoarfa, BE., MM

Seiring berkembangnya teknologi, dinamika kehidupan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat sebagian besar telah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang dimana mengubah struktur industri manapun dari waktu ke waktu sehingga mengubah cara interaksi dan transaksi pada umumnya. Teknologi digital memiliki kemampuan untuk menghasilkan nilai besar dari hasil berbagai aktivitas ekonomi dan sosial dan kemajuan ini seolah-olah tidak ada batasnya. Teknologi digital yang dibarengi oleh kewirausahaan saat ini telah memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia. Digitalisasi juga berdampak pada hadirnya dan berkembangnya wirausaha baru. Dengan adanya digitalisasi cabang bisnis dan peralihan bisnis dari offline ke online, potensi pengembangan bisnis baru semakin meningkat. Dampak positif dari adanya digitalisasi bagi kewirausahaan sendiri juga diwujudkan dengan mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan produktivitas sosial dan ekonomi yang menjadi prioritas pemerintah. Dengan kata lain kewirausahaan digital telah menjadi fenomena yang muncul  karena adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Wirausaha digital diartikan secara umum sebagai kegiatan ekonomi global berupa keterbukaan akses terhadap barang dan jasa melalui pemanfaatan teknologi digital, dimana jaringan informasi serta pengetahuan menjadi indikator produksi utama; atau secara singkat dapat disebut Ekonomi berbasis digital.Melalui digitalisasi ini, perusahaan atau pelaku bisnis lokal dapat langsung memasuki pasar yang lebih luas melalui aplikasi dan layanan yang dipersonalisasi serta koneksi yang disederhanakan. Kewirausahaan digital menjadi penting di Indonesia saat ini. Mengingat penggunaan internetnya termasuk salah satu yang tertinggi di dunia.Faktanya, ini bisa dipastikan karena mengingat 78% pengguna internet saat ini melakukan pembelanjaan secara online. Hal ini kemudian semakin mendukung karena maraknya bermunculan e-commerce di Indonesia yang dimana kemudian menjadi sarana bagi para pelaku bisnis lokal untuk mengembangkan usahanya. Meningkatnya perkembangan teknologi dan pesatnya internet menimbulkan berbagai macam lini bisnis seperti perdagangan online (e-commerce), menjamurnya bisnis rintisan berbasis teknologi (startup) serta layanan keuangan digital atau financial technology (fintech). Pada tahun 2016, pendapatan E-Commerce di Indonesia ditaksir dengan nilai USD 6 miliar kemudian tahun ke tahun mengalami kenaikan yang cepat sehingga berhasil memperoleh kenaikan pendapatan hingga 54% atau menjadi USD 32 miliar pada tahun 2020.

 

Potensi pasar e-commerce dan bisnis aplikasi digital telah menjadikan masa depan yang sangat besar menarik bagi minat calon wirausahawan untuk membangun startup atau lebih banyak lagi startup ternama. Start up kini mengacu pada perusahaan yang beroperasi melalui penggunaan teknologi informasi dan Internet, karena secara umum beroperasi melalui situs web. Pada tahun 2016, perusahaan start up di Indonesia menjadi semakin menarik, karena semakin berdampak lebih besar bagi masyarakat, dan lebih mendapatkan perhatian global. Hal ini dibuktikan degna salah satu perusahaan indonesi yaitu GoJek menjadi yang pertama di Indonesia dengan menerima investasi sekitar 550 juta dollar kemudian disusul oleh Matahari Mall dengan nilai kurang lebih 100 juta dollar. Secara tidak langsung hal ini menunjukkan bahwa ekonomi digital telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara, salah satu penggeraknya adalah startup.

 

Perubahan yang paling mendasar disebabkan minat konsumen untuk berbelanja secara langsung di toko begitu sangat berkurang. Sekarang ini, mereka cenderung melakukan transaksi dan berbelanja online melalui smartphone. Alasannya lebih praktis dan efektif, serta transformasi digital yang lebih memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi terkait produk atau layanan yang diberikan, apalagi tidak melihat waktu dan tempat sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.Terlepas dari besar kecilnya bisnis yang dijalankan , saat ini, setiap wirausaha bisa dikatakan mengandalkan data dan teknologi. Keberadaan dan jumlah wirausaha di suatu negara menjadi penting karena jumlah wirausaha selalu dijadikan sebagai indikator untuk mengukur tingkat kemajuan negara tersebut. Karena peluang penjualan produk di batas wilayah tidak dapat diidentifikasi, digitalisasi bisnis sangat diperlukan. Praktisnya, Teknologi digital sebenarnya diwujudkan dalam pertumbuhan fungsi dan peran teknologi informasi dan komunikasi (ITC), yang dimana mendorong pertumbuhan bisnis pemula dan mendorong perkembangan bisnis yang sedang berkembang.

 

Namun, transformasi ini bisa menjadi sebuah tantangan yang cukup berarti apabila bisnis yang dijalankan tidak dapat mengikutinya. Apalagi, adanya ketakutan untuk mengubah cara-cara lama akan menimbulkan kekhawatiran apabila transformasi yang dilakukan tidak sesuai dengan yang diharapkan atau justru gagal. Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang datang bersamaan selanjutnya adalah selalu melakukan inovasi.Tentunya ini akan menjadi tantangan yang harus dihadapi dan diawasi, karena para pelaku bisnis selalu dituntut untuk berinovasi dalam pengembangan produk agar lebih diminati banyak orang. Selain menginginkan sesuatu secara cepat dan praktis, tantangan yang diberikan masyarakat saat ini mengisyaratkan bahwa mereka harus terus berubah dalam hal selera, kebutuhan, dan kebutuhan. Pemilik bisnis juga harus berpikir out of the box dalam menciptakan sesuatu yang unik dan baru sehingga menarik perhatian siapapun.

 

Sejatinya para pelaku usaha tentu menargetkan kinerja wirausahanya, dengan menarik pelanggan baru serta mendapatkan loyalitas dari pelanggan lama . Disisi lain, target kinerja yang paling berpengaruh yaitu hematnya biaya dan aset yang produktif. Untuk mencapai target usaha, kepuasan pelanggan menjadi hal yang utama melalui proses internal yang baik didalamnya. Pelaku usaha harus senantiasa belajar dan berkembang untuk mencapai semua itu. Dengan bantuan teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet global memberikan peluang pemasaran produk atau jasa melalui jaringan internet dan fungsi web yang menarik, hal ini merupakan salah satu sarana promosi terbaik dan termurah khususnya dalam industri jasa.Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah untuk mempermudah proses, karena sumber daya manusia dan strategi pemasaran masih menjadi kunci utama.Pemasaran di era sekarang ini tidak mungkin dapat terwujud tanpa dukungan teknologi yang canggih apabila tidak dibarengi oleh hal tersebut maka pemasaran tidak dapat berada di titik yang maksimal.

 

Dalam konsep Good Governance dimana terdapat kesetaraan peran antara pemerintah, masyarakat dan swasta, mau tidak mau pemerintahpun harus menguasai dan mengembangkan teknologi informasi yang populer sekarang dengan sebutan E-Goverment. Dalam penyelenggaraan negara untuk mewujudkan kesejahteraan, diperlukan peran pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menata perekonomian agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesejahteraan yang berkualitas. Negara berkewajiban untuk menciptakan tingkat kesejahteraan yang terbaik bagi warganya dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mereformasi kebijakan publik yang ada. Sebagai lembaga ekonomi, kewirausahaan memainkan peran strategis dalam penanggulangan kemiskinan dengan menciptakan lapangan kerja yang digagas oleh masyarakat sesuai dengan potensi dan keunggulan masing-masing. Melalui pemgembangan kewirausahaan ini menjadi satu agenda dalam mengurangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan.

 

Oleh karena itu, untuk menciptakan pebisnis baru yang unggul haruslah dikembangkan terlebih dahulu agar kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi negara. Hakikat dari seorang wirausah atau entrepreneur merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, menggunakan dan memiliki sifat, karakter dan kemauan, dan secara kreatif dalam mencerminkan ide-ide inovatif di dunia nyata untuk mencapai kesuksesan ataupun peningkatan pendapatan.Menjadi seorang pebisnis perlunya kompentensi sehingga dapat bersaing dalam dunia usaha. Pelaku usaha ini perlu memiliki beberapa kompentensi antara lain, Komunikasi, Finansial, Merk,Market, Networking, Automation, Design, Analytics, Technical, dan  learning.

 Kunjungi Sobat Kampus untuk info menarik lainnya.

Komunikasi adalah keterampilan dasar yang begitu penting dalam kewirausahaan. Wirausaha  harus dapat berulang kali menjelaskan ide-idenya dan mempromosikan barang atau jasa kepada investor atau pelanggan secara efektif. Keterampilan komunikasi pribadi dan profesional akan menjadi kunci sukses menjadi seorang wirausaha.Wirausahawan harus mampu melakukan pengelolaan finansial semaksimal mungkin. Wirausaha harus mengedepankan citra merk agar selalu baik karena dengan citra merek yang baik maka citra sebagai wirausahaan nyapun pasti akan baik. Adapun dalam  memasarkan jasa atau produknya wirausaha harus sepintar ya dalam melakukan pemasaran, dengan melakukan pemasaran yang kreatif akan menarik pelanggan. Dalam era digitaliasasi sekarang ini, kompetensi dalam pemograman dan online learning sangatlah penting. Setidaknya wirausaha memilki dasar atau pemahaman sederhana terkait dengan dunia digital sehingga mampu meningkatkan kinerja bisnisnya.

 

Comments

Post a Comment